Kota Pekalongan. (7/9) – Tema ” Bangkit Bersama Mitra Menuju Gapensi Tangguh” Adalah sebuah semangat yang diangkat Gapensi ( Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia) dalam rangka melaksanakan Muscab (Musyawarah Cabang) ke IX Gapensi Kota Pekalongan tahun 2022.

Gelar muscab, yang dilaksanakan tanggal September Tahun 2022 kali ini bertempat di hotel Pesona, kota pekalongan dengan menghadirkan 48 anggotanya dan mmpengurus BPD Jawa Tengah, serta pejabat OPD pemerintah Kota Pekalongan disamping para Tokoh mitra Gapensi

Hadir dalam kesempatan tersebut, sebagai tamu kehormatan, Walikota Pekalongan Alf Arsland Junaid. Dimana
Dalam kesempatan itu, dirinya menyampaikan sambutan. Bahwa kehadirannya dalam acara adalah dalam rangka mendorong semangat pengusaha konstruksi kota Pekalongan untuk saling menjaga kekompakan dan koordinasi dengan sejawat pengusaha. Baik yang berada dalam asosiasi Gapensi maupun diluar keanggotaan. Termasuk dengan asosiasi konstruksi lainnya. Hal ini menjadi penting, karena komitmen kekompakan antar pengusaha kontruksi lokal (Kota Pekalongan) akan dapat menjaga kondisifitas pelaksanaan proyek dan terhindar dari situasi yang berpotensi menimbulkan kegaduhan dan kesemprawutan.

Oleh karenanya, dengan semangat bersama tentu akan menjaga proses mendapatkan kerja dan dapat menjaga mutu hasil pekerjaan yang optimal.

Dalam penjelasannya, Walikota mengatakan bahwa dengan adanya kontraktor luar daerah yang masuk mengerjakan proyek pemerintah Kota. Tentu kita awam dengan kemampuan kinerja maupun profesional nya. Tentu hal ini akan berpotensi dengan hasil baik- buruknya suatu kerja proyek.Bila tanpa dukungan profesionalisme

Untuk itu, kepada pengurus Gapensi baru periode 2022-2027 yang akan dilantik pada hari ini ( 7/09/2022) disarankan oleh walikota, bahwa mengatakan, bahwa sebagai asosiasi yang besar ditingkat nasional. Kiranya kedepan dapat terus menjaga kelanggengan kekompakan sehingga terjaga keharmonisan bermitra kerja dengan pemerintah kota.

Kemitraan yang menjaga kekompakan yang terkoordinasi semoga dapat menjadi kiat bersama sehingga dengan kebersamaan dapat menjaga hasil kerja pembangunan daerah yang pada akhirnya dapat secara maksimal dan bermutu sehingga dimanfaatkan oleh warga.

Dalam Rangkaian acara muscab, dilaksanakan pula pelantikan kepengurusan baru periode masa bhakti 2022 – 2027. Pelantikan dilaksanakan oleh Ketua BPD Jawa Tengah ,Lilik Eko Priyono yang disaksikan oleh penasehat dan Pembina BPC Gapensi Kota Pekalongan, yakni Tilal Baasyir, Hasyim dan Ghonim, termasuk turut menyaksikan pelantikan, sejumlah 48 anggota Gapensi yang hadir dalam acara tersebut.

Lilik Eko priyono melantik Zakaria, ST sebagai ketua BPC Gapensi Kota Pekalongan Masa Kerja tahun 2022 – 2027 dan sebagai Sekretaris, Rudi Utomo, ST serta Bendahara terpilih adalah Slamet Apriyanto, ST.

Dalam Sambutannya, Lilik menyampaikan apresiasi dan berucap kata selamat atas terbentuknya kepengurusan yang baru, dirinya pun berpesan agar kepada pengurus yang terbentuk siap langsung memimpin organisasi ini.

Dalam uraian akhir sambutannya, dirinya menegaskan kepada seluruh anggota dijawa tengah, kedepan kompetisi antar pelaku usaha semakin ketat, seyogyanya anggota gapensi handal menguasai tehnologi informatika. tandasnya.

Proses panjang pra pemilihan ketua BPC Gapensi . Melaui alur panjang rangkaian tahapan pemilihan ketua Gapensi ( Gabungan Pengusaha Konstruksi ) Kota Pekalongan di Tahun 2022 ini. Karena kandidat dari 48 Anggota Gapensi yang ada tak memiliki ambisi untuk menduduki tampuk pimpinan BPC yang sudah habis masa bhakti.

Hal ini diungkapkan Oleh Katua Gapensi yang habis masa kerjanya, Tilal Baasyir saat di konfirmasi disela acara Dirinya mengatakan

“ Sebagai yang dituakan dalam organisasi ini, saya harus mampu melangsungkan proses regenerasi kepengurusan disamping mengembangkan potensi kedepan agar organisasi menjadi lebih tangguh dan profesional. Oleh karenannya tampuk pimpinan cabang harus secapatnya tertata dan terbentuk kepengurusan. Kami Mendorong profesional muda dapat duduk dalam pimpinan dan kepengurusannya, hal ini agar kedepan dengan semangat mudanya kiranya dapat bersinergi – berkolaborasi dengan figur muda sang walikota yang masih getol dengan kemajuan pembangunan Kota Pekalongan.

Oleh karennya pada saat pra pemilihan terjadi kealotan dalam pemilihan kandidat, akan tetapi setelah melalui perjuangan pengurus lama , sampailah pada Pemilihan secara Demokrasi. Dan terbentuklah formasi sebagai kepengurusan BPC Gapensi Kota Pekalongan periode 2022 – 2027 terpilih sebagai ketua Zakaria ST, dan Sekretaris diduduki Rudi Utomo serta Bendahara terpilih adalah Slamet Apriyanto.

Pada saat sesi usai pelantikan, Ketua Terpilih berkesempatan memberikan sambutan, menurutnya jabatan ketua yang diembannya adalah amanat yang harus dirinya pikul, karena tanggungjawab kepercayaan dari anggota dan senior adalah tantangan berat. Oleh karennya dirinya mengajak kepada pengurus maupun anggota harus berjalan kompak dan berkoordinasi secara baik . Untuk bersama-sama membesarkan organisasi dan membangun profesionalitas keanggotaan. Sehingga keberadaan keanggotaan gapensi dapat menjadi mitra pemerintah yang berkualitas . Kata Zakaria (Sukirno )