Garda News ~ Kota Ambon

Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon Ir.Steven Patty Mejadi Sorotan Media GardaNews Indonesia lantaran Ide-idenya yang begitu cemerlang selama memimpin Dinas Tenaga Kerja kota Ambon.

Dalam diskusi terbatas dengan Ketua K-SBSI Provinsi Maluku Dimas Luanmase, Senin/6/03/23, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon Ir.Steven Patty mengatakan, Pemerintah Kota melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon beberapa tahun belangakangan ini kami terus Focus menekankan lajunya angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Ambon.

Adapun langkah-langkah yang merupakan Program kerja yang kami kerjakan untuk mengentaskan kemiskinan
Adalah dengan Mebuat satu program kerja yang dinamakan Program “BAPAK ASU” dimana melalui Program ini semua ASN dalam lingkup Pemkot Ambon.

Program bapak asuh, setiap ASN akan memberikan perlindungan sosial dengan membayar iuran BP Jamsostek bagi tenaga kerja yang belum terlindungi, program ini telah termuat dalam sk Wali Kota Ambon No. 533 tahun 2021 tentang pegawai ASN Pemkot Ambon sebagai Bapak asuh untuk perlindungan jaminan sosial bagi pekerja rentan di Ambon.

Program ini mengatur mengenai ASN dilingkup Pemkot Ambon untuk Wajib membayar iuran kepesertaan BPJS Tenaga Kerja bagi tenaga kerja informal atau Pekerja rentan sebesar Rp16.800 per bulan.Target kita kurang lebih 6.000 ASN Pemkot Ambon akan melindungi pekerja rentan. Saat ini pekerja rentan yang telah terlindungi sebanyak 25 ribu orang, melalui program Bapak asuh diharapkan akan terus meningkat.

Selain itu Pemkot juga melalui Disnaker Kota Ambon dalam mengurangi angka kemiskinan maka kami membuka kerja sama Berbagai dibidang industri baik didalam maupun diluar Negeri yang mana teleh menyerap tenaga kerja asal kota Ambon untuk misalnya bekerja luar Negeri saat ini bisa mendaftar diri pada di Naker Kota Ambon Untuk nantinya di seleksi bagi yang lulus Seleksi akan ditempatkan di Australia dan di Jerman sesuai dengan bidang masing-masing.

Selain itu Depnaker Kota Ambon juga teleh bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan cabang Maluku untuk melindungi tidak hanya pekerja rentan tetapi juga ada sejumlah Pelaku Usaha Kecil menengah di kota Ambon yang harus dilindungi dengan Program Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) BPJS Ketenagakerjaan diharapakan dengan berbagai Program diatas maka setidaknya teleh menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Ambon.

Ditempat yang sama, Dimas Luanmase Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI Provinsi Maluku) mengatakan sebagai Mitra Pemerintah kami akan bersinergi dengan Depnaker Kota Ambon utk membantu mensosialisasikan berbagai program yang sangat bermanfaat ini kepada masyarakat melalui keanggotaan K-SBSI Provinsi Maluku yang sudah hampir mendekati 1000 orang di kota Ambon.

Kata Dimas Luanmase, Pikiran Briliant yang dimiliki oleh Ir.Steven Patty sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon ini Harusnya menjadi teladan bagi para pejabat dilingkup OPD Kota Ambon mapun Provinsi Maluku dalam mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan di Daerah Kota Ambon secara khusus dan Maluku Pada Umumnya.

Wartawan: Aw86
editor ( Denz )