Garda News ~ Bogor

Bimbingan Teknis Partai yang dilakukan Pusat Pendidikan dan Pelatihan(Pusdiklat) Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Cisarua Bogor,13-16 Maret 2023
Bertujuan untuk melatih kader Partai untuk mampu dalam Tahapan berperkara di Mahkamah Konstitusi.

Kegiatan yang berlangsung Selama empat hari dibuka langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman,. Dalam Sambutannya Anwar mengatakan, perjuangan kaum buruh tersebut merupakan bukti berkelanjutan dari kaum buruh atas upaya dalam menegakkan keadilan, kedaulatan, dan kesejahteraan rakyat.

Termasuk pula dengan kehadiran Partai Buruh dalam Bimtek PHPU Tahun 2024 ini untuk turut serta memahami dan memperjuangkan hak-hak konstitusional yang dijamin oleh negara dalam perwujudan keadilan pemilu mendatang. Sehingga dengan mengetahui dan memahami prosedur dan hukum beracara di MK, Partai Buruh pun turut berperan dalam upaya kelancaran proses penyelesaian perselisihan hasil Pemilu nantinya.

“Sebagaimana kita pahami bersama, beracara dan bersidang di MK memiliki prosedur dan hukum acaranya sendiri. Sehingga, pemahaman akan hukum acara MK menjadi penting diketahui seluruh pihak yang berpotensi berperkara di Mahkamah,” ucap Anwar.

Untuk itu, pada akhir sambutan Anwar berharap melalui pelaksanaan bimtek ini para peserta dapat sama-sama dengan MK mengawal proses demokrasi saat pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Sehingga kelak yang terlaksana adalah pemilu yang demokratis, sesuai dengan asas-asas yang ditegaskan dalam konstitusi, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam penutupan kegiatan bimtek Perwakilan Peserta Sekretaris Exco Provinsi Papua Petrus Daunema mengatakan, Pancasila bernyawa di wilayah Timur Indonesia Sampai Barat Indonesia, yang menjadi kebersamaan saudara/i,Seideologi Partai Buruh antara pengurus Exco Pusat dan pengurus Exco setiap daerah dari seluruh Indonesia,

Dalam memaknai Persaudaraan Partai Buruh maka kita harus menggunakan Filosofi duduk sama rendah berdiri sama tinggi
Filosofi ini kita harus gunakan demi merawat tali persaudaraan Partai Buruh se-Indonesia, Kesan yang saya ingin sampaikan sekalilagi adalah pelayanan luar biasa dari panitia MK bagi peserta Partai Buruh Bimtek hukum acara Perselisihan hasil pemilihan umum tahun 2024 bagi partai buruh.

Pesan yang saya ingin sampaikan kepada setiap peserta agar apa yang di dapatkan dalam dalam bimtek MK terhadap Partai Buruh ini sangatlah bermanfaat untuk itu jangan hanya kita datang dan mendengar teori bimteknya tepao biarlah kita kembali ke Exco kita masing-masing dan langsung Mensosialisasikan Semua yang kita dapatkan kepada semua pengurus Partai di Wilayah masing-masing, sehingga pemilu 2024 mendatang Partai Buruh sudah siap Bertarung dalam berbagai Proses.

Wartawan:Dimas Luanmase
editor ( Denz )