GARDA NEWS – SUMEDANG

Ratusan warga sekarang telah mendapatkan resume dampak dari proyek strategis Nasional ( PSN ) bendungan Cipanas di Desa Karanglayung Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang Propinsi Jawa Barat.

Telah menerima rekening dari Bank rakyat Indonesia ( BRI ) Untuk menerima ganti Kerugian dan pelepasan hak tanah, Untuk Pembangunan Bendungan Cipanas.

Ada sebanyak 300 bidang sudah menerima Rekening tersebut, di Aula Desa Karanglayung Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Senin ( 29/5/2023 ).

Sedangkan sisanya sekitar kurang lebih 57 bidang lainnya akan menyusul menerima Rekening Bank pada esok hari, Selasa ( 30/5)2023 ).

Sementara itu, dalam kesempatan untuk pembagian rekening tersebut, turut hadir Pihak ATR/BPN Kabupaten Sumedang, Petugas BRI, hingga unsur Muspika tingkat kecamatan Conggeang.

Berdasarkan hasil pantauan Garda News, di lapangan dan keterangan dari beberapa tokoh masyarakat karanglayung, ternyata yang hadir di ruangan Aula gedung, Didalam pembagian rekening cukup banyak pihak luar dibandingkan dengan warga setempat.

“Masih dikatakan tokoh masyarakat, kebanyakan pihak luar yang hadir untuk menerima resume itu, sebagai pembeli tanah yang Investasi ataupun para spekulan.

“Kebanyakan para pemilik tanah Warga setempat yang tanah miliknya banyak sudah di jual belikan baik kepada Investor atau para spekulan tanah.

“Jadi kebanyakan yang mengeruk keuntungan besar pihak pembeli atau para spekulan.

“Mungkin karena terdesak kebutuhan pemilik tanah pada akhir banyak yang menjual tanahnya, “ungkap tokoh masyarakat yang tidak mau disebut namanya.

“Lain halnya beda dengan yang di sampaikan salah seorang warga, Tata Menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan dua resume, ” tapi baru menerima rekening satu bidang, Untuk itu, “Kami berharap rekening yang satunya lagi segera dapat segera diterima, “Harap Tata.

Ditempat terpisah Kepala Desa Karanglayung, Bambang Iman pada waktu dikonfirmasi diruang kerjanya, Mengatakan terkait dengan adanya proses realisasi untuk pembayaran dampak dari proyek strategis Nasional bendungan Cipanas, “Ia mengapresiasi kepada pihak ATR/BPN Sumedang, yang telah merealisasikan pembayaran uang ganti Kerugian pelepasan hak tanah warga, Bambang, menambahkan dengan adanya pembayaran UGR, “Ia merasa bersyukur karena telah dilakukan realisasi pembayaran dan bagi warga yang memiliki tanah, telah menerima resume dari Bank merasa sumringah, “Pungkasnya.

(( AW ))
editor ( Denz )