GARDA NEWS – SUMEDANG.

Belum lama ini SMP Negeri 1 Sumedang (Spensa) sukses meraih prestasi ganda. Pertama, sukses menjadi tuan rumah yang baik dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Festival Literasi Sekolah (FLS) dan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat SMP se-Kabupaten Sumedang. Dan, yang kedua sukses turut berkontribusi besar terhadap keluarnya sekolah menengah pertama yang berada di wilayah 2 sebagai juara umum.

Kesuksesan Spensa menjadi tuan rumah bagi para peserta lomba siswa-siswi SMP se-Kabupaten Sumedang ini tak lepas dari kesigapan serta keseriusan Drs. Edeng Sutarya, M.M.Pd selaku kepala sekolah dengan jajaran yang berada di bawahnya.

Bukti kesuksesan tersebut di atas juga diakui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sumedang, H. Agus Wahidin, S.Pd., M.Si, yang pada kesempatan itu dipercaya sebagai pihak yang membuka gelaran lomba. Menurutnya, selain sarana prasarana yang memadai, kegiatan yang melibatkan siswa-siswi terbaik se-Kabupaten Sumedang ini tampak sangat luar biasa dan bersemangat. Tak hanya itu, Agus juga memuji para juri yang bekerja dengan sangat luar biasa.

Lebih jauh, Agus menegaskan, ajang FLS2N, FLS dan FTBI merupakan proses identifikasi dan pengembangan talenta para peserta didik, khususnya di bidang seni dan budaya agar menjadi manusia unggul dan berdaya saing dalam menatap persaingan dunia yang bertumpu pada inovasi, kreatititas berbasis khazanah budaya adiluhung bangsa.

“Penyiapan talenta unggul di bidang seni budaya diharapkan jadi salah satu kunci Indonesia bisa bejaya di masa depan. Salah satu diantaranya dengan menyelenggarakan ajang talenta Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) setiap tahun,” paparnya.

Sementara, Drs. Edeng Sutarya, M.M.Pd, Sabtu ( 3/6/2023 ) mengatakan, penyelenggaraan FLS2N, FLS dan FTBI Tingkat SMP se-Kabupaten Sumedang adalah tindak lanjut dari seleksi para juara di tiap wilayah masing-masing. Adapun jumlah peserta dari 18 cabang yang diperlombakan menyentuh angka 264 siswa/siswi dari 4 wilayah.

“Nantinya, juara 1 dan 2 dari masing-masing cabang akan kita berangkatkan untuk mengikuti ajang yang sama pada tingkat provinsi dan nasional,” terangnya.

Disinggung lebih spesipik soal diadakannya lomba FLS2N, FLS dan FTBI, dengan gamblang kepala sekolah yang terkenal murah senyum ini setidaknya menyampaikan tiga hal.

Pertama, memberikan pengalaman para peserta didik untuk berkompetisi agar mendapatkan sumber daya manusia unggul di bidang seni. Kedua, menumbuh kembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi tinggi dikancah Internasional. Dan, terakhir meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.

Prestasi Spensa
Pada kesempatan lomba FLS2N, FLS dan FTBI 2023, Spensa sukses meraih penghargaan sebagai berikut :

  1. Juara 1 Ansamble atas nama Helmi Rafif Rachmansyah dan Mozza Almeira Queensha
  2. Juara 1 Menyanyi Solo atas nama Areta Balqis
  3. Juara 1 Maca Nulis Aksara Sunda Putra atas nama Vicky Syahreza Suwandi
  4. Juara 2 Maca Nulis Aksara Sunda Putri atas nama Karina Mayangsari
  5. Juara 1 Biantara Putra atas nama Rizky Adlan Putra
  6. Juara 3 Biantara Putri atas nama Silma Muslimah Galih Pertiwi
  7. Juara 2 Tembang Pupuh atas nama Rizkia Miladia H
  8. Juara 1 Maca Sajak Putra atas nama Alkahfi Yazies I.
  9. Juara Harapan 2 Maca Sajak Putri atas nama Rayhana Putri Amanda
  10. Juara 2 Borangan Putra atas nama Dary Fallah Aulia
  11. Juara 1 Borangan Putri atas nama Luthfiany Zahra M.
  12. Juara 2 Story Telling atas nama Fiona Valerie Sukmana
  13. Juara Harapan 3 Menulis Cerpen atas nama Silmina Amira Khalida.

(( ED/AW ))
editor ( Denz )