Garda News ~ Aceh Tenggara

15-06-2023 LSM korek telah melakukan orasi damai di dua lokasi yakni kantor bupati dan kantor kajari Aceh tenggar untuk menindak lanjuti tuntutan yg pernah di ajukan kepada PJ bupati Drs.syakir Ms.i dan Kajari Erawati SH MH di kantor bupati dan kantor kajari. pada hari Rabu 14-06-2023

Adapun tuntutan yg di Tutut LSM korek di masing masing titik orasi yg di adakan.

1.rotasi dan periksa inspektur inspektorat dan jajarannya yg menurut LSM korek gagal menjalan kan tugasnya sebagai Aparat Pengawasan Intern pemerinah (APIP) Aceh tenggara.

2.Adakan transparansi publik berdasarkan pasal 33 undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik terkait dengan LHP inspektorat setiap kegiatan monitoring dan evaluasi yg meliputi.
-tindak lanjut hasil pemeriksaan badan pemeriksa keuangan
-tindak lanjut hasil pemeriksaan APIP
-dana desa
-dan bantuan operasional sekolah
-aksi pencegahan korupsi evaluasi APIP
-penilaian mandiri repormasi dan birokrasi
-penanganan laporan gratifikasi
-dll
3.Bersikan instansi inspektorat Aceh tenggara dari tindakan pungutan liar (pungli)
4.aktifkan/fungsikan majlis pertimbangan tuntutan ganti rugi (MPTGR)
5.kami berharap agar semua pihak kajari dan inspektorat kabupaten Aceh tenggara lebih peka dalam menyikapi tentang berita- berita online terkait indikasi korupsi
6.kami berharap agar inspektorat Aceh tenggara jadi instansi yg bersih dan bebas dari peraktik KKN.

  1. Kami berharap Kajari Aceh tenggara agar secepatnya memperoses penyerahan LHP-K dari pihak APIP Aceh tenggara nomor 700/18/IK/2023 yang telah jatuh tempo masa tindak lanjut dari pihak inspektorat kepada kejaksaan tinggi Aceh tenggara pada tanggal 3 April 2023 yang lalu.

Harapan LSM korek Aceh tenggara. agar secepatnya di peroses oleh Kajari aceh tenggara mengenai semua tuntutan itu.namun apa bila semua dari tuntutan itu masih lamban penangannan dari pihak kajari LSM akan melakukan kembali berdemo dengan jumlah masa yang akan lebih banyak lagi terang ketua LSM korek Irwansyah Putra selaku ketua. saat di konfirmasi media Garda news di lapangan.

((Amran s))
editor ( Denz )