PKBM Insan Desa Bantu Pemerintah Daerah di Bidang Pendidikan

Garda News ~ Sumedang

Pendidikan menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan, namun belum semua masyarakat menikmati pendidikan formal yang layak dan kesempatan belajar di usia sekolah. Tantangan ini rupanya disadari betul oleh Kepala Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Insan Desa Cibugel, Kevamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Asep Syamsul Jazuli.

Asep berharap, berdirinya PKBM Insan Desa bisa menjadi salah satu solusi masyarakat yang tidak sempat mengenyam pendidikan formal untuk mengejar ketinggalan mereka dan mendapatkan ijazah.

Menurut Asep, PKBM Insan Desa telah berdiri sejak Oktober 2021. Kendati begitu, pihaknya baru menerima bantuan pemerintah atau BOP pada tahun 2023 lalu.

“Hingga saat ini siswa kami telah mencapai 400 orang. Tapi, baru setengahnya yang mendapatkan BOP,” tukas Asep.

Masih kata Asep, peserta didik yang mengikuti program belajar di PKBM-nya terdiri dari berbagai jenjang usia yang sudah tidak muda lagi seperti remaja dan dewasa. Rata-rata muridnya merupakan pihak-pihak yang tingkat kesejahteraan dan pendidikannya rendah.

“Tak heran, banyak siswa yang bergabung dengan PKBM kami ini rata-rata ingin mendapatkan ijazah sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak untuk kesejahteraan kehidupannya,” bebernya.

Lebih jauh, Asep menyampaikan, ia bersama staf pengajar di PKBM-nya merupakan tenaga-tenaga profesional dan terampil dalam bidangnya. Hal ini memang sengaja, karena ia sangat menginginkan PKBM yang dinahkodainya menjadi pilot project bagi PKBM yang berada di wilayah lainnya.

“Mudah-mudahan saja apa yang saya impikan ini tercapai. Karena niat saya murni ingin membantu pemerintah daerah. Khususnya dalam bidang pendidikan,” pungkas Asep.

Elang Salamina/Rukmana