Garda News ~ kab Nias Selatan

Di kabupaten Nias Selatan, salah satu sekolah dasar negeri no 075093 hilimbowo o’o’u kecamatan o’o’u kabupaten Nias Selatan propinsi Sumatera Utara, sangat layak di perhatikan oleh pemerintah, baik pemerintah daerah Nias selatan maupun pusat, yang mana tempat belajar mengajar bapak/ibu guru dengan siswa sangat prihatin.

Dalam pantauan awak media online garda news nias selatan pada hari Kamis tanggal 12 Januari tahun 2023 sekolah itu tidak layak di gunakan untuk tempat belajar mengajar untuk bapak/ibu guru dan siswa-siswi yang mana gedung darurat itu terbuat dari broti-broti bulat dan atapnya daun Rumbia berlantai tanah, sekali di terjang angin bisa ambruk membawa malapetaka kepada bapak/ibu guru terlebih sama siswa.

Kepsek SDN 075093 Hilimbowo o’ou an. SIROIZIDUHU Laia, S.pd.sd
Sangat mengharapkan perhatian pemerintah daerah khususnya dinas pendidikan Nias Selatan secepatnya untuk membangun gedung sekolah sebelum ambruk gedung SDN darurat itu.

Yang mana jumlah siswa dari kelas I sampai dengan kelas VI kurang lebih 94 orang siswa belajar di atas lantai tanah dan sering siswa-siswi sakit demam akibat gigitan nyamuk setiap belajar di sekolah karena mereka tidak nyaman di gedung darurat itu.

Sudah 5 (lima) tahun siswa belajar di atas lantai tanah sejak tahun 2018 yang mana gedung SDN 075093 hilimbowo o’o’u kecamatan o’o’u kabupaten nias selatan sebelumnya adalah sudah di landa bencana alam dalam hal ini banjir (luapan air) sungai o’o’u sampai sekarang di saksikan oleh pemerintah daerah.

Pewarta (((faigiziduhu laia)))
Editor (((Denz)))