GARDA NEWS – SUMEDANG

Pemkab Sumedang, telah merealisasikan anggaran dana desa ( DD ) tahun 2023. Demi untuk meningkatkan pembangunan Infrastruktur dan peningkatan ekonomi di masyarakat Pedesaaan, melalui program ketahanan pangan nasional.

Anggaran dana desa ( DD ) yang telah di cairkan itu, Didalam penggunaan Duitnya, sesuai program yang telah ditetapkan dalam RAPBdes tahun 2023.

Namun sangat disayangkan, anggaran dana desa ( DD ) tahap satu (1 ), yang telah di cairkan, untuk pembangunan pekerjaan Phisik sampai saat ini, belum dilaksanakan pekerjaannya.

Hal ini Terjadi di Desa Tolengas Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang Propinsi Jawa Barat

Pasalnya anggaran dana desa ( DD ), yang sudah di cairkan keuangannya, sampai saat ini, belum nampak ada kegiatan pelaksanaan pekerjaan untuk pembangunan Phisik, Diduga diendapkan Uang tersebut

“Padahal pencairan keuangan anggaran dana desa ( DD ), Untuk tahap satu sudah diambil Duitnya seminggu yang lalu dan sudah jelas regulasi peruntukan alokasi anggaran tersebut.

Seperti halnya dikatakan salah satu sumber yang tidak mau di cantumkan jati dirinya, Mengatakan bahwa untuk Anggaran dana desa ( DD ), di Desa Tolengas, belum ada sama sekali untuk kegiatan pekerjaan pembangunan Phisik, ketika ditanya terkait pekerjaan yang belum dilaksanakan, dikatakan sumber, untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan langsung saja pak, kepada kepala Desa, supaya lebih jelasnya, “Ungkap sumber warga dengan nada keluh.

Sementara Jika mengacu kepada Undang – undang Nomor 6 Tahun 2014.tentang Desa, dengan jelas mengatur mengenai pembangunan Desa dan pembangunan kawasan pedesaan. Pasal 78 UU Desa menjabarkan tujuan pembangunan desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penaggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

“Akan tetapi apa yang terjadi di Desa Tolengas Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang, justru sebaliknya dengan turunnya Anggaran dana desa ( DD ), sampai saat ini, belum terlihat adanya kegiatan untuk pembangunan pekerjaan Phisik.

Kepala Desa Tolengas, Nenih pada waktu dikonfirmasi lewat sambungan telepon genggam selulernya, Rabu ( 12)04/2023 ), Mengatakan, terkait anggaran dana desa ( DD ) yang belum direalisasikan untuk pekerjaan Phisik, “Diakunya memang benar Uang sudah di ambil dan Uangnya disimpan di bendahara desa, mengenai pekerjaan betul belum direalisasikan, kalau tidak percaya silahkan tanyakan kepada BPD, “Pungkasnya.

(( AW ))
editor ( Denz )