Garda News ~ Terimbar.

Ketua Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia( K-SBSI) Provinsi Maluku Dimas Luanmase menyambangi Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Tanimbar Kedatangan Ketua K-SBSI Maluku di terima langsung oleh Pihak Dinas Sosial.

Kepada Media ini Selasa, 22/05/2023 Dimas Luanmase Mengatakan pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Tanimbar sangat luar biasa dimana Sistem Pelayanan manual telah berubah menjadi sistem digital berbasis Online.

Dimas mengatakan semua sistem pelayanan publik khususnya di Dinsos KKT telah berjalan dengan baik, sayangnya pemerintah Desa di berberapa kecamatan masih slow respon terhadap sistem pelayanan ini nyatanya masih ada operator Desa yang belum mengikuti pelatihan terkait sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS) di Desa.

Mantatan Ketua IKLAS Ambon itu menambahkan ketidak mampuan Pemdes dalam menjalankan rodah pemerintahan khsususnya pada bidang IT yang membidangi Bansos akan mempengaruhi pemerataan bantuan sosial kepada masyarakat.

Saya Sarankan kepada Para Kades Se-Seira Blawat lebih khusus Desa Kamatubun agar dapat memerintahkan operator Desa untuk mengikuti pelatihan sistem informasi DTKS pada Dinas sosial Kabupaten Kepulauan Tanimbar sehingga informasi mengetani data penerima bantuan sosial dapat diakses oleh masyarakat desa Kamatubun melalui informasi pada operator desa saran ini saya sampaikan atas resmi dari dari staf yang membidangi DTKS pada Dinsos KKT.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Tanimbar ditempat yang sama mengatakan, kami berterima kasih kepada Ketua K-SBSI Provinsi Maluku Bapak Dimas Luanmase yang telah datang untuk membantu mengedukasi masyarakat untuk mengetahui status penerimaan bansos di Desa.

Kami Dinas Sosial telah melakukan pelatihan bagi operator Desa untuk bisa mengoperasikan Sistem informasi DTKS secara online sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke Kabupaten untuk mengecek informasi tentang bantuan sosial yang mereka terima.

Kebijakan terbuat diambil karena mengingat tentang Rentang kendali serta biaya transportasi masyarakat yang begitu luas dan sangat besar sehingga dengan adanya Sistem informasi DTKS di desa ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa dalam mengakses informasi tentang Jenis bantuan Sosial yang diterima .

Wartawan:A86
editor ( Denz )