GARDA NEWS -.KUNINGAN

Dewan masjid indonesia ( DMI ) bekerjasama dengan badan amil zakat nasional ( BAZNAS ), Kabupaten Kuningan dan dewan kemakmuran mesjid ( DKM ) Masjid Al – Furqon menyelenggarakan pelatihan yang bertajuk,” Optimalisasi Khatib dan Imam, bertempat di Masjid Al- Furqon Desa Ciporang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Rabu ( 23/03/2022 ),

Ketua DKM Masjid Al Furqon Ciporang HR. Yayan Sofyan, Kepada Awak media, “Ia mengatakan mesjid Al Furqon didalam pemakmuran tidak hanya sebatas untuk lingkungan warga perumnas Ciporang, akan tetapi diharapkan bisa dipakai untuk khalayak umum.

Masjid Al Furqon yang termegah berada di kompleks perumnas Ciporang ini, sekarang memiliki fasilitas yang sudah Multi Fungsi, kini sudah memiliki gedung yang memadai untuk pendidikan, selain digunakan rutin aktivitas kegiatan untuk Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Al Furqon, Bahkan sekarang telah mendapatkan kepercayaan penuh, untuk dapat digunakan kegiatan dewan masjid Indonesia ( DMI ), didalam kegiatan untuk pelatihan Khatib dan Imam.

” Terkait Persoalan Khatib dan Imam itu penting, harus adanya pembinaan dan perlu dikawal, Baik dari Pemerintah daerah, kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia ( MUI ), BAZNAS dan lembaga lain terkait.

Dewan masjid Indonesia ( DMI ), Sangat tepat membentuk suatu organisasi ini, guna menaungi dan mengkoordinasikan kegiatan masjid secara khusus, agar bisa melangkah kedepan bertambah maju, karena DMI sudah di bentuk dan terstruktur secara nasional dengan tujuan Ibadah, sudah tertuang dalam pedoman hasil musyawarah Masjid Seluruh Indonesia, “Ucap Yayan, ditambahkannya,

“Ia merasa bersyukur iman dan khotib sepakat untuk memadukan komunikasi dan sheering dalam tukar pengalaman, ini merupakan bagian dari tugas mulia di masjid dalam menunaikan ibadah, tugasnya agar didalam menjalankan ibadah akan selalu tertib dan benar, dengan adanya kegiatan pelatihan ini, dalam rangka penguatan juga evaluasi supaya dapat mengoptimalkan tugas mulia ini,”beber, Yayan.Sofyan.

Dalam Acara pelatihan ini, ada beberapa Narasumber Khatib dan Imam yang tampil hadir yaitu : Ketua MUI KH. Dodo Syarif Hidayatullah, Ketua Komisioner BAZNAS Kuningan, H. Yusron Khalid, Ketua IDI Kuningan dr, H. Asep Hermana dan Ustadz Nur Alami dari kalangan Praktisi Imam masjid Agung Sairul Islam.

Dalam kesempatan itu, Ketua panitia Penyelenggara, Suyono yang didampingi Sekretaris Muhammad Aip Syaripudin, Menjelaskan dengan terselenggaranya kegiatan ini,” Alhamdulillah ada respon positif dari 151 Khatib – Imam dan DKM, se- Kabupaten Kuningan ini, bahkan jumlah mesjid yang ada di Kuningan ada sebanyak kurang lebih 3.760 Masjid, bayangkan saja, “Jika ada sebanyak 2000 masjid, berapa yang digunakan untuk sholat Jum’at.

ada berapa Imam dan khotib yang diperlukan,..? “Tentunya begitu banyak jumlah Imam dan Khatib, masjid, untuk inj, maka sangat dibutuhkan sekali, Adanya Iman dan Khatib, yang sudah biasa, bahkan sekarang ini ada sebagian Imam dan Khatib masih pemula atau kader. “Apalagi jangka pendeknya, mau menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1422 H,

semoga senantiasa bisa tumbuh pesat perkembangannya, di kabupaten Kuningan yang dijuluki sebagai kota kuda ini, “Kata Suyono diamini Muhammad Aip Syarifuddin dengan penuh harap.

((( AW )))
editor ( Denz )