Garda News – Sumedang

Polemik destinasi wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat kampung cisema Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang.

Terkait status pengelolaan obyek wisata, Sampai saat ini belum ada kejelasan. Pasalnya, Pemerintah Desa Pakualam masih mempertahankan obyek wisata Buricak Burinong yang merupakan Icon kebanggaan masyarakat Desa Pakualam.

Kepala Desa Pakualam Sopian Iskandar Ditemui Garda News Indonesia Online Kamis (13/01/2022 ),”Mengatakan,” saya akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat yang terkena dampak bendungan Jatigede untuk mempertahankan Destinasi Obyek Wisata Buricak Burinong, menurutnya,”Ia akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat setempat agar supaya jangan sampai di ambil alih pengelolaan obyek wisata oleh pihak lain,” Untuk itu lanjut Sopian terus berusaha mencari Suaka keadilan agar ada kejelasan statusnya, atas dasar aspirasi masyarakat itu yang tidak mau mengingingkan untuk diambil alih obyek wisata itu, dalam pengelolaannya di ambil alih oleh pihak lain, Yaitu badan usaha milik daerah ( BUMD Kampung Makmur ).

ditambahkan”Sopian, maka perlu saya sampaikan Aspirasi ini, kepada Anggota DPRD Propinsi Jawa barat. Agar ditanggapi dengan serius,” Kita ini merupakan orang yang terdampak akibat adanya bendungan Jatigede bahkan sudah merelakan melepas tanah miliknya demi untuk mendukung program pemerintah mewujudkan adanya bendungan Jatigede. “Akan tetapi take and gift pemerintah terhadap warga yang notabene eks genangan malah seolah – olah kurang adil, lahan obyek wisata yang merupakan mata pencaharian untuk menopang kehidupan sehari – hari warga setempat,” Eh malah mau di ambil alih oleh pihak lain ( BUMD Kampung Makmur ).

Maka dalam persoalan ini,”Saya sampaikan kepada wakil rakyat yang duduk di Dewan agar di dengar aspirasi dan keinginan masyarakat tersebut.
Dalam kunjungan ini, Heri Ukasah mengatakan kedatangan ke Desa Pakualam untuk menyerap aspirasi masyarakat dan membantu mencari solusi keluhan yang ada.” Terkait polemik Obyek wisata Buricak Burinong, dalam hal ini pihaknya sangat mendukung aspirasi masyarakat.

Dengan adanya wisata yang sudah ada harus menguntungkan untuk masyarakat setempat, mengenai hal ini akan saya tindaklanjuti karena ini persoalan serius yang harus di perjuangkan,”Tandasnya.

pewarta (( Aw/Rukmna ))
editor ( Denz )