Sejumlah Pejabat Di Internal Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Di Sertijab Kapolresta

Garda News – Ambon

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Polisi Driyano Andri Ibrahim, SH, S.I.K yang baru menjabat beberapa waktu lalu melakukan pergantian di internal Polresta. Tiga jabatan Kasat dan tiga Kapolsek mendapat promosi jabatan baru.Kegiatan upacara Serah Terima jabatan(sertijab) dilaksan pada Selasa di Aula Prima Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Informasi yang di himpun GardaNewsindonesia.com,Selasa 22/08/2023, Mereka yang dilantik adalah Ajun Komisaris Polisi La Beli sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Dia menggantikan Kasat Reskrim sebelumnya Komisaris Polisi Beni Kurniawan yang mendapat jabatan baru sebagai Wakapolres Maluku Tengah.

Kompol Seniman Jaya Mahmud menjabat Kasat Lantas. Dia menggantikan Kompol Senja Pratama yang dimutasi sebagai Kasubbid Wabprof Bid Propam Polda Maluku. Inspektur Polisi Satu Dominggus Edmon Sapulette menjabat sebagai Kasat Tahti. Dia menggantikan Ipda Rudi Warak yang dimutasi sebagai Pama Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Sementara dari tiga Kapolsek, hanya dua Kapolsek yang dilantik. Mereka adalah Iptu Mahadewa Bayu Sulistyana Rendra sebagai Kapolsek Baguala. Dia menggantikan AKP Meity Jacobus. Meity mendapat job baru sebagai Kasubagrenmin Rolog Polda Maluku. Sementara Ipda Nimrot Y Jolly dilantik sebagai Kapolsek Nusalaut. Dia menggantikan Iptu Izaak Tahapary yang mendapat job baru sebagai Kapolsek Bula, Polres Seram Bagian Timur.

Sementara Kapolsek Leihitu Barat (Leihibar) Ipda Sofia Ch Alfons diserahkan ke Ipda Ignasius Wira Ary Leburaya Tokan. Namun untuk jabatan Kapolsek Leihibar hanya dilakukan prosesi penyerahan ke Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Pasalnya, pejabat baru Ipda Ignatius belum berada di Ambon.

Dia sementara mengikuti pendidikan. Ipda Sofia sendiri mendapat tempat tugas baru sebagai Pamin 2 Urren Subagrenmin Ditreskrimsus Polda Maluku. Dalam upacara sertijab ini, para pejabat yang dilantik diambil sumpah jabatan oleh Kapolresta Ambon. Saat mengucapkan sumpah jabatan, para pejabat didampingi rohaniawan sesuai agama yang dianut. Usai pengucapan sumpah jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan, berita acara pengambilan sumpah dan pakta integritas.

Terhadap kegiatan alih tugas ini, Kapolresta Ambon katakan mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi.
“Mutasi jabatan merupakan bagian dari program prioritas kapolri yaitu pemantapan reformasi internal Polri, untuk mewujudkan organisasi Polri yang semakin solid dan profesional,” ujar Kapolresta.

Selain itu, bagi personil yang melaksanakan sertijab merupakan proses kepemimpinan/promosi dalam pembinaan karier kedepan. Driyano paparkan ke depan, Polri harus menyikapi tantangan, tuntutan dan harapan masyarakat yang makin kompleks. Olehnya itu, semakin jelas bahwa tugas polri kedepan tidaklah ringan, baik dalam ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta masalah hukum.

“Bagi saya hal-hal tersebut harus dikelola dengan seksama sehingga tidak menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas, terutama menjelang pemilu yang akan dilaksanakan secara serempak pada tahun 2024 mendatang,”. Kepada para pejabat baru, Driyano meminta agar amanah yang telah diberikan pimpinan ini untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaannya” tutupnya

Wartawan: Dimas Luanmase

Editor ( Denz )